Welcome....

ahlan wa sahlan ya Ikhwati fillah
sinterz adalah kependekan dari Science Hunterz yang memuat Materi Blog yang berbau pengetahuan. dengan harapan sekalipun sedikit semoga bisa bermanfaat,.

Minggu, 25 Juli 2010

SEKILAS MENGENAI FIREWALL

May 19, '08 1:56 AM
for everyone
Pengawas adalah benteng api alias firewall, sedangkan pengunjung adalah data, aplikasi, orang, atau lainnya yang ingin masuk ke dalam PC.
Bagaimana bentuk sebuah firewall? Apakah seperti namanya, firewall adalah tembok api yang membara mengelilingi PC? Bukan. Firewall memiliki dua rupa, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

Pada artikel ini, digunakan firewall bernama ZoneAlarm versi 5. yang bisa diperoleh dari www.zonealarm.com. Contoh firewall berupa perangkat keras adalah Cisco PIX Firewall. Konon, versi perangkat keras ini lebih dapat diandalkan daripada versi lunaknya. Hanya saja, versi berbentuk fisik ini hampir mustahil tersedia gratis. Sesuatu yang mencobamengakses PC itu diperiksa dulu secara cermat oleh firewall.

Ia menggunakan sebuah metode atau beberapa kombinasi metode untuk meneliti data yang ingin masuk. Jika data dianggap bersih, maka data bisa dipersilakan masuk. Bila data yang dicurigai kotor, maka data langsung diblok. Penyaringan itu tergantung pada kondisi yang diatur pada firewall. Memang, firewall dapat dikostumasi oleh penggunanya sehingga data yang masuk benar-benar hanya data yang sesuai dengan keinginan pengguna PC.

Data disaring berdasarkan alamat IP asal, nama domain, protokol, port, dan kata atau frase tertentu yang terkandung pada data. Andai salah satu bagian tak memenuhi syarat, firewall akan mencurigai mereka dan memberikan informasi kepada pengguna PC. Kalau pria berseragam tadi bertugas memeriksa seseorang dari adanya ancaman seperti bom, pisau, atau pistol, firewall memeriksa data dari kemungkinan adanya akses seorang hacker, program yang memanfaatkan jalan belakang (backdoor, biasanya merupakan bug sebuah program) untuk mengakses PC, pembajakan SMTP untuk mengirimkan spam, pemboman menggunakan email, macro, dan virus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar